Sabtu, 26 Mei 2018

Ide Penerapan IoT

Rappel Farci

Rappci merupakan sebuah singkatan dari Rappel farci dalam bahasa Perancis yang artinya boneka pengingat. Alat ini diciptakan untuk membantu seseorang  mengingat hal apapun yang sering dilupakannya tanpa disengaja jika sedang terburu-buru atau karena sedang gugup. Bagi seseorang yang mudah lupa alat ini sangat cocok untuk dibawa kemana-mana karena desain bentuknya yang kecil, unik dan empuk seperti boneka. Boneka pengingat ini aman, dapat digunakan oleh siapa saja dan memiliki aroma yang harum dari bahan boneka Squishy nya tersebut. Rappci berguna untuk menghilangkan kebiasaan buruk seseorang yang sering teledor atau kurang teliti seiring berjalannya waktu menjadi seseorang yang lebih rapi dan disiplin dalam hal apapun terutama waktu. 

Komponen yang diperlukan dalam pembuatan boneka pengingat ini antara lain :
1.        Alat perekam suara
2.       Alat pelindung semua komponen
3.       Aplikasi khusus pengontrol alat
4.      Bahan untuk membuat Boneka Squishy
5.       Baterai khusus
6.      Handphone
7.       Lensa kamera
8.      Printer mini
9.      Kertas khusus

Boneka pengingat ini bekerja secara otomatis akan menyala atau mengeluarkan suara yang telah direkam sebelumnya dan juga bisa mencetak sebuah gambar atau catatan kecil  dari penggunaan lensa kamera. Pertama, tekan tombol on/off  pada boneka untuk mulai mengaktifkan boneka pengingat. Lalu, ada beberapa pilihan tombol menu yang berbeda-beda fungsinya. Tombol R untuk merekam suara, tombol A untuk mengaktifkan lensa kamera jika akan mengambil sebuah gambar, tombol P1 untuk mengatur waktu, tombol P2 untuk menghapus waktu yang telah ditentukan, tombol C untuk perbaikan secara otomatis jika terjadi kesalahan atau kerusakan, dan tombol I untuk mengenali benda apapun. Setelah menekan salah satu tombol tersebut, maka mesin yang ada didalam boneka akan menjalankan tugasnya secara otomatis yaitu membantu mengingatkan pemilik boneka tersebut agar  tidak akan pernah lagi ada barang atau sesuatu hal penting yang terlupakan. Proses pada saat pengaktifan alat dapat dikontrol langsung melalui aplikasi khusus oleh pemilik. Jika sudah selesai digunakan tekan tombol on/off  untuk menonaktifkan alat dan menghemat baterai.

Awalnya saya terinspirasi membuat ide tentang alat pengingat ini karena pengalaman saya sendiri yang kadang melupakan hal-hal penting atau barang-barang yang kadang tertinggal disuatu tempat dan sulit untuk ditemukan. 

Demikian deskripsi singkat tentang alat pengingat otomatis berbentuk boneka Squishy atau alat terapi seseorang yang pelupa. Terima kasih J

Di bawah ini ada beberapa contoh bentuk boneka pengingat

Gambar terkaitHasil gambar untuk squishy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ide Penerapan IoT

Rappel Farci Rappci merupakan sebuah singkatan dari Rappel farci dalam bahasa Perancis yang artinya boneka pengingat. Alat ini dicipt...